Blaarr! Motor Listrik Nyaris Tak Bersuara, Biker Kehilangan Sensasi Berkendara?

Kehadiran motor listrk dipercaya sebagai solusi motor masa depan. Bilamana bahan bakar konvensional tak mampu lagi mensupply banyaknya permintaan, dengan motor listrik diharapkan menjadi solusi yang tepat. Cuma saya rada kepo nih, motor listrik jelas tidak memiliki suara layaknya motor konvensional. Deruan mesin konvensional tidak akan biker temui di motor listrik.

Bagi masbro yang biasa berkendara dengan motor konvensional terutama motor kopling manual ataupun bebek, pasti terbiasa merasakan deru suara mesin. Kapan perlu menekan tuas persneling baik ke bawah maupun ke atas. Pada titik ini pasti biker merasakan feel berkendara seakan berkomunikasi dengan putaran mesin. Terlebih yang memakai knalpot ngeblar, saya paham banget nih ancang-ancang kuping yang selalu gatel menunggu tangan memlintir gas. Kombinasi tangan,kaki,telinga dan feel mejadi kombinasi lengkap dalam berkendara.

Menilik beberapa produk prototype dari motor tenaga listrik, saya sedikit ragu feel berkendara di motor konvensional tidak akan dapat di motor listrik. Saya bukan anti loh terhadap motor listrik, tapi penjabaran saya di atas bertujuan bahwa jika nantinya motor listrik menjadi  pilihan utama. Maka perlu banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan oleh biker. Motor listrik tak lagi dipakai di jalanan komplek oleh emak-emak dengan freestylenya.

Bayangkan motor yang nyaris tanpa suara gaduh melintas di belantara jalanan dengan kecepatan yang sama dengan motor konvensional lainnya. Dibutuhkan kewaspadaan ekstra masbro, mungkin bisa menambah ukuran spion sebesar cermin rias para ladies, atau bolongin helm di sekitar area telinga. Ini sih saran ngaco dari newbie aja masbro, kalau diikuti ya tanggung sendiri akibatnya.

Saya sedikit pede mengatakan ini , karea melihat bahwa pabrikan sedang giat melakukan riset motor listrik.Bahkan sekelas pabrikan Harley-Davidson yang terkenal dengan suara dentuman mesinnya juga ikutan. Bisa bayangkan masbro... Harley Davidson lewat di samping mu nyaris tanpa suara? Kalau saya sih gak terkejut ,lah di rumah Harley Davidson saya banyak, tapi posternya doang. SalamJPT

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Blaarr! Motor Listrik Nyaris Tak Bersuara, Biker Kehilangan Sensasi Berkendara?"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kelemahan utama motor listrik tak bersuara adalah jika saat berkendara tak sengaja kentut, orang melirik semua.

    BalasHapus
  3. Kelemahan utama motor listrik tak bersuara adalah jika saat berkendara tak sengaja kentut, orang melirik semua.

    BalasHapus