Pilih Retro Kawasaki W175 atau Custom Sendiri ?
Hadirnya retro Kawasaki berkapasitas 175cc diperkirakan akan
rilis November 2017 mendatang. Spyshoot, perkiraan nama dan bocoran harga sudah
bertebaran di blog otomotif ternama seperti kang Iwanbanaran dan wak Haji
tmcblog. Nama retro Kawasaki ini bisa jadi Estrella 175 ataupun Kawasaki W175.
Kawasaki W800 sebagai Rules Model Kawasaki W175 a.k.a Kawasaki Estrella 175 |
Selentingan kabar terungkap bahwa motor ini akan dibanderol di kisaran harga 30 jutaan. Sementara spesifikasi resmi dari motor belum keluar. Namun kuat dugaan, motor ini akan menggunakan mesin dari Kawasaki Eliminator 175. Eliminator merupakan motor retro dengan konsep chooper yang sempat hadir di Indonesia.
Dugaan kuat Kawasaki menggunakan mesin ini adalah karakter mesin yang sangat cocok untuk dijadikan motor retro. Ditambah lagi , Kawasaki tak perlu mengeluarkan dana besar untuk melakukan riset jika meggunakan mesin baru.
spy shoot kawasak w175 |
Bingung Antara Beli Langsung Kawasaki W175 atau Custom Sendiri Aja?
Mesin Eliminator 175cc dengan tampang retro dibanderol dengan harga 30 jutaan, worth it kah ?
Apa tidak lebih baik custom sendiri dengan bahan seperti Honda Tiger, Mega Pro,
Yamaha Scorpio, Byson atau dari Kawasaki Binter sekalian ?
Jika pertanyaannya seperti ini, tentu tidak ada jawaban yang
benar-benar pas. Semuanya tergantung selera dan kantong masbro. Jika anda
termasuk orang yang ogah ribet dengan urusan custom, Kawasaki W175 merupakan
pilihan yang tepat bagi anda. Namun jika anda lebih tertarik memiliki motor
retro yang tidak “pasaran”, tentu saja custom menjadi pilihan tepat.
Bagaimana hitung-hitungan biaya customnya? Kita ambil contoh
biaya custom Honda Tiger, atau Scorpio dengan tema retro. Rata-rata biaya part
custom standard berada di kisaran 8 jutaan belum termasuk ongkos. Jika tak
ingin ribet, sediakan saja dana sekitar 15 juta rupiah, dan percayakan ke
begkel custom anda. Berarti dengan
budget 15 juta (biaya custom) kamu sudah mendapatkan motor retro sesuai selera.
Custom basic Yamaha Scorpio |
Satu hal yang harus digarisbawahi, duni custom mengenal yang
namanya “racun custom”. Hari ini keluar 15 juta, besok-besok bisa saja kamu
mengeluarkan dana lebih besar akibat racun custom yang sudah mengalir di darah.
Sekali coba custom, dijamin ketagihan dan ada saja ide di kepala.
Dari pemaparan di atas, mungkin masbro menilai saya lebih
prefer untuk memilih custom sendiri ketimbang membeli motor retro jadi. Eitss..
tunggu dulu, membeli retro jadi seperti Kawasaki W175 juga punya kelebihan
tersendiri dibanding custom loh.
Custom Basic Honda Tiger |
Kelebihan Beli Motor Retro Standar Pabrikan daripada Custom Sendiri
Kelebihannya antara lain, originalitas, standard mutu pabrik, kemudahan dalam servis, dan lebih aman di jalan. Mari kita bahas satu per satu.Originalitas
Tak perlu panjang lebar lagi menjelaskan apa itu originalitas. Tapi yang
pasti bagi sebagian orang, ada yang lebih demen dan nyaman dengan motor
standard pabrikan. Alasan originalitas menjadi salah satunya, sebagian lain
beralasan motor standard pabrikan lebih nyaman dipakai untuk motor harian
ketimbang motor custom.
Mau tidak mau harus kita akui bahwa pabrikan otomotif memiliki standard mutu.
Setiap proses produksi diuji melalui quality control yang cukup ketat. Dengan
sistem produksi yang sudah terstandar tentu hasil produksinya juga terstandar
dan siap dilempar ke pasar dengan celah kecacatan yang tipis. Standar Mutu Pabrikan
Hal yang berbeda terjadi di dunia custom. Standard tiap-tiap bengkel custom adalah berbeda. Jadi di dunia cusotm, pelaku custom dituntut agar jeli melihat mana bengkel custom yang baik dan mana barang custom yang baik pula.
Kemudahan dalam Urusan Service
Urusan service patut pula diperhitungkan. Dengan motor standard pabrikan, mudah saja dalam urusan service. Tinggal bawa motor ke bengkel resmi , beres dah urusannya. Part yang digunakan juga tentunya standard pabrikan.Hal yang berbeda jika motor kamu adalah custom. Kamu harus lebih aware memilih bengkel tempat service. Terkadang mekanik yang baru memegang motor custom akan sedikit kebingungan saat melihat ubahan-ubahan yang dibuat pada motor.
Itulah sebabnya mengapa anak custom cenderung bisa melakukan service ringan pada motornya sendiri. Dari pada repot memilih bengkel untuk urusan service ringan, mereka lebih memilih belajar untuk menyervice motornya sendiri.
Aman dari Ancaman Tilang
Salah satu momok yang cukup menakutkan saat mengendarai motor custom adalah berurusan dengan Polisi. Meski motor custom sudah dilengkapi dengan standard keamanan berlalu lintas seperti kaca spion, lampu sign, lampu rem, atau untuk mudahnya kita katakan saja Honda tiger dengan baju Honda CB. Tetap saja ada oknum yang tetap menganggap kamu melanggar. STNK Honda Tiger, tapi penampilan motor sudah Honda CB. Tentu menjadi sasaran empuk toh.
Berbeda dengan motor standard pabrikan, pak Polisi lebih
mudah mengidentifikasi motor yang kamu pakai. Cukup melihat STNK, urusan pun
kelar dan lanjut jalan.
Nah... apa pun pilihan mu nantinya masbro, yang penting
tetap safety riding ya. Mau custom ataupun beli langsung retro standar pabrikan, yang penting
bisa sama-sama ngegas di jalan bareng.
0 Response to "Pilih Retro Kawasaki W175 atau Custom Sendiri ?"
Posting Komentar