Prediksi Harga Ninja 250cc 4 Silinder, Jangan Terlalu Berharap!!!

Ninja 4 Silinder terbaru

Tak sedikit yang berharap agar Kawasaki Motor Indonesia (KMI) membanderol Ninja 250cc 4 silinder dengan harga terjangkau. Mulai dari harapan harga di bawah 100 juta, bahkan harapan mepet dengan harga motor 250cc 2 silinder yang sudah ada. 

Harapan di atas sah-sah saja. Namun akan menjadi masalah ketika anda berharap lebih, apa lagi menganggap harapan harga di atas adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh Kawasaki. Akibatnya saat Kawasaki secara resmi merilis harga Ninja 4 silinder, maka akan ada anggapan miring yang menganggap jika Ninja 4 silinder over price. 

Kembali lagi kami ingatkan, jika suatu saat harga Ninja 4 silinder dipatok tak sesuai harapan, bukan berarti motor itu over price. Namun ekspektasi anda lah yang terlalu tinggi. 

Mari kita lihat mengapa Ninja 250cc 4 silinder pantas dihargai relatif mahal. 

Pertama adalah soal teknologi. Bisa dipastikan teknologi yang dipakai di motor ini bukanlah teknologi murah. Dari sektor dapur pacu saja, mesin 250cc 4 silinder DOHC plus 15 katup. Dari sektor ini saja sudah jelas jika Kawasaki tidak main-main. Belum lagi ditambah beberapa teknologi dari dunia balap seperti traction control, quick shifter dan power mode. 

Dari paparan di atas jelas biaya produksi Ninja 250cc 4 silinder atau ZX25R tidaklah murah. 

Kedua adalah masalah strategi pasar. Kawasaki harus hati-hati meletakkan harga Ninja 4 silinder. Jangan sampai motor ini justru melahap pasar line up Kawasaki yang lainnya. Itu sebabnya harapan  bahwa harga ZX25R mepet ke Ninja 250 2 silinder harus segera dihapus. 

mesin Kawasaki ZX250R

Prediksi Harga

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, besar kemungkinan jika harga Ninja 250cc 4 silinder akan dipatok mepet dengan motor Kawasaki di kelas 600cc 2 silinder. 
"Ah.... mosok motor 250cc sama harganya dengan motor 600cc"
Ya.... begitulah adanya masbro, ada harga yang harus dibayar untuk sensasi berkendara di atas motor 4 silinder. 

Dan jika kita tilik beberapa dekade ke belakang (1980-1990) dimana motor 250cc 4 silinder cukup berjaya, harga yang dipatok pada masa itu juga nyaris setara dengan motor 500cc pada masanya. Jadi, opini kami di atas bukan tanpa sebab. 
Sejarah akan terulang kembali, Namun alasan yang paling logis mengapa Ninja 4 silinder tidak murah adalah karena BIAYA PRODUKSI

Prediksi harga di atas hanyalah opini pribadi kami. Jika anda tidak setuju dengan prediksi harga di atas, silakan coret-coret di kolom komentar dan sebutkan berapa harga yang pantas menurut anda. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prediksi Harga Ninja 250cc 4 Silinder, Jangan Terlalu Berharap!!!"

Posting Komentar