Suzuki Swish 125, Harga dan Spesifikasi

Metik Suzuki 125cc 2019

Suzuki Swish 125 merupakan salah satu skuter matik yang menjadi tulang punggung Suzuki. Hal ini bisa kita lihat pula lewat peran Suzuki Swish 125 sebagai official skuter Suzuki di MotoGP. Skutik ini selalu setia menemani tim Suzuki Ecstar di paddock.

Meski belum masuk ke Indonesia, namun cukup banyak yang kepo terhadap skuter matik ini. Untuk sementara mari kita lihat harga dan spesifikasi dari Suzuki Swish 125.

Harga dan Spesifikasi Suzuki Swish 125

Suzuki Swish 125 Harganya Mahal?

Di Jepang, skuter matik ini dijual dengan harga 340,000 Yen, sedangkan di Taiwan Suzuki Swish 125 dijual dengan harga 68,000 Yuan. Jika dikonversikan maka harga Suzuki Swish 125 berada di angka 41 juta-an rupiah.

Terlihat mahal? Hal ini tak sepenuhnya benar. Sebab Jepang memang memiliki regulasi yang berbeda dengan Indonesia. Harga kendaraan bermotor di negeri Sakura itu memang dibanderol cukup mahal. Sebagai perbandingan, Suzuki Address yang di Indonesia hanya dijual seharga 16 juta-an, sedangkan di Jepang dijual dengan harga 28 juta-an. 

Dari hal ini bisa kita simpulkan jika harga Suzuki Swish 125 di Jepang dan Taiwan tak bisa dijadikan acuan sepenuhnya. Dengan kata lain harga Suzuki Swish 125 tidak akan semahal itu jika dijual di Indonesia. 

Spesifikasi Suzuki Swish 125

Untuk detail spesifikasi Suzuki Swish 125 bisa anda lihat pada tabel spek teknis di bawah. Tapi sebelumnya, berikut beberapa hal yang menarik dan menjadi nilai tambah Suzuki Swish 125 di mata kami penulis. 

  • Dual Shock tapi Dengan Dek Rata
Skutik dengan dual shock cukup jarang yang memiliki dek rata. Hal ini disebabkan oleh tipe frame underbone yang mengakibatkan adanya frame yang melintang diagonal dibawah stang dengan sub frame. Untuk lebih mudahnya bisa kita lihat pada skutik seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX. Kedua motor ini menggunakan dual shock dengan rangka underbone yang menyebabkan dek depan tidak bisa rata. 

metik dek rata 125cc

  • Tersedia Socket Charger Lengkap Dengan Kantong Depan
Desainer Suzuki Swish 125 cukup detail dalam mendesain posisi socket charger dengan kompartemen depan. Fungsi socket dapat dioptimalkan dengan tersedianya kompartemen, sehingga anda tidak perlu bingung mau diletakkan kemana smartphone anda saat pengecasan. 

tangki Suzuki Swish 125

  • Bagasi Luas
Sebagai skuter matik fungsional, bagasi menjadi bahan pertimbangan yang cukup penting. Oleh karena itulah Suzuki Swish 125 dilengkapi dengan bagasi yang sangat luas. Bahkan bisa menampung helm full face dan masih menyisakan ruang kosong yang bisa anda isi dengan jacket atau jas hujan. 

Leganya bagasi bisa didapatkan karena posisi tangki tidak berada di bawah jok, melainkan di bawah dek (sama dengan posisi tangki Yamaha Lexi)

matik dengan bagasi terluas

  • Tempat Pengisian Bensin di Depan
Karena posisi tangki tidak berada di bawah jok, melainkan di bawah dek (pijakan kaki), maka pengisian mulut tangki dipindahkan ke area kompartemen depan sebelah kiri. Jadi anda tidak perlu repot-repot membuka jok saat mengisi bahan bakar. 

buka tutup tangki Suzuki Swish 125

  • Lampu sudah LED dan Speedometer Digital
Untuk efisiensi daya batere, Suzuki Swish 125 sudah dilengkapi dengan fitur kekinian, yakni speedometer digital dengan background lampu berwarna orange. Untuk lampu LED bisa kita temui pada headlamp dan lampu belakang. Sedangkan untuk lampu sign, Suzuki Swish 125 masih menggunakan bohlam.
headlamp Suzuki Swish 125

Untuk selanjutnya, spesifikasi Suzuki Swish 125 bisa anda lihat pada tabel di bawah ini :

MESIN
Tipe4 Langkah 124cc, SOHC
Supply Bahan BakarInjeksi
Bore x Stroke52,5mm × 57.4 mm
TransmisiOtomatis, V-Matic
Kompresi10,3 : 1
Daya Maximum9,4PS / 7000 rpm
Torsi10Nm / 6000 rpm
StarterPedal dan Elektrik
KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
DIMENSI
P x L x T1,830mm x 690mm x 1,095 mm
Seat Height760mm
Berat114kg
REM dan Kaki-Kaki
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangDual Shock
Ban Depan100/90-10 56J
Ban Belakang100/90-10 56J

Suzuki Swish 125 Kapan Masuk ke Indonesia?

Suzuki Swish 125 kali pertama dikenalkan ke publik di Tokyo Motor Show tahun 2017 lalu. Dengan desain ala skuter Eropa, skuter ini mencoba membidik pasar skuter kecil yang sudah dihuni oleh Yamaha Cygnus dan Honda Vario 125. 

2 Tahun berselang sejak kehadiran Suzuki Swish 125, tak terlihat sama sekali ada gelagat Suzuki untuk menghadirkan skuter matik ini ke Indonesia. Apakah Suzuki Swish 125 tidak cocok untuk pasar Indonesia?

Jika kita lihat beberapa fakta keunggulan Suzuki Swish 125 di atas, maka bisa dibilang jika skuter matik ini layak untuk diboyong ke Indonesia. Skutik dengan sisi fungsionalitas yang sangat komplit. Namun bagaimana dengan desainnya? Bukankah desain seperti ini belum lazim di Indonesia?

Hal ini menjadi plus minus dimana desain terkadang bermusuhan dengan fungsi.


Desain Anti Mainstream?

Soal desain, bisa dibilang jika Suzuki Swish 125 ini bukan selera mainstream di Indonesia. Namun di beberapa negara, desain seperti ini adalah hal yang lumrah. Bisa kita lihat bagaimana beberapa desain skutik di beberapa negara seperti Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara di Eropa. 

Desain seperti milik Suzuki Swish 125 adalah hal yang lumrah. Desain terlihat gambot, tarikan garis yang membulat dan menimbulkan kesan "buntal". 
Berbeda jauh dengan desain skutik di tanah air yang berlomba meruncing, dengan garis tajam yang berani layaknya desain motor sport. 


Mengedepankan Fungsi

Sejatinya inilah yang harus diutamakan saat mendesain sebuah skuter matik. Motor ini sejatinya bukan untuk gaya-gayaan apalagi untuk adu kencang-kencangan. Kembali ke habitatnya sebagai motor komuter yang mengedepankan sisi fungsionalitas. 

Hal inilah yang bisa kita dapatkan pada Suzuki Swish 125. Dek yang rata namun kaki tetap bisa selonjoran, bagasi yang luas, tersedia rak barang di belakang, dual shock, dan tentunya irit bahan bakar.

Hal-hal di atas nyaris tak bisa kita temukan pada skuter matic 125cc yang sudah ada di Indonesia. Coba sebutkan skuter matic 125cc yang sudah dual shock namun tetap memiliki dek rata dan tetap bisa berkendara dengan selonjoran?

Tidak ada toh? Soal durabilitas dan build quality, tentu tak ada yang meragukan Suzuki. Bukan begitu masbro? Suzuki terjameeeennnn (begitu katanya).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suzuki Swish 125, Harga dan Spesifikasi"

Posting Komentar