5 Logo Sepeda Motor, Arti dan Sejarah Perubahannya

Begitu banyak logo atau lambang merk motor yang beredar di dunia. Masing-masing logo tersebut memliki arti dan keunikan tersendiri. Tak jarang pula ada sejarah dan makna filosofi mendalam dari setiap logo tersebut.

Penasaran apa arti dari logo dari tiap merek? Simak ulasan mengenai arti dan makna logo motor dari ragam pabrikan berikut ini :

Arti dan Makna Logo Honda

sejarah perubahan logo Honda

Pabrikan asal Jepang yang memulai usahanya di tahun 1947 ini memiliki logo yang cukup konsisten, yakni logo sayap mengepak. Honda konsisten memakai logo ini meski beberapa kali pernah mendapat ubahan, namun tetap pada pakem logo bersayap.

Konsep logo Honda terinspirasi dari Dewi Nike (mitologi Yunani). Dewi Nike merupakan dewi kemenangan dalam mitologi Yunani. Hal ini sejalan dengan visi pendirinya (Soechiro Honda) yang ingin memenangi semua kejuaraan ajang balapan.

Logo Honda pertama kali adalah emblem berbentuk sayap dengan paduan warna gold dan biru, dengan tulisan Honda Motor di dalamnya. Konsep ini lalu berubah di beberapa tahun berikutnya dengan penambahan logo dewi bersayap serta tulisan Honda berwarna merah.

Ciri khas logo sayap mengepak Honda yang kita kenal saat ini mulai diperkenalkan di tahun 1968. Setelah itu , perubahan logo Honda konsisten pada bentuk ini. Perubahan logo di tahun-tahun berikutnya hanya berkutat pada masalah font sytle, warna dan beberapa penyesuaian kecil tanpa mengubah konsep awalnya.

Arti dan Makna Logo Garpu Tala Yamaha

Jika pabrikan motor lain mengambil logo yang tak jauh dari dunia otomotif, berbeda halnya dengan Yamaha. Yamaha memiliki logo garpu tala yang disusun dalam sebuah lingkaran. Pemilihan garpu tala sebagai logo tak lepas dari awal mula bisnis Yamaha.
sejarah logo Yamaha dan artinya

Awal berdiri di tahun 1897 perusahaan ini bernama Nippon Gakki Co.Ltd. Mereka memproduksi beberapa jenis alat musik. Logo pertama saat itu adalah burung Phoenix dengan sebuah garpu tala di mulutnya.

Kemudian logo Yamaha berganti beberapa kali (namun tetap konsisten dengan unsur garpu tala), hingga berakhir pada logo yang kita kenal saat ini.

Logo Yamaha yang kita kenal saat ini memiliki makna ‘kando’, yang artinya menyentuh hati konsumen.

Yamaha sendiri baru merambah ke industri sepeda motor dia tahun 1955. Di tahun ini lah Yamaha berhasil memproduksi motor pertamanya.

Arti dan Makna Logo Suzuki

sejarah logo suzuki dan artinya

Logo Suzuki yang kita kenal saat ini terlihat sangat simple. Huruf S besar berwana merah disusul dengan tulisan Suzuki berwarna biru terang.

Logo seperti ini sudah dipakai Suzuki sejak tahun 1954. Logo ‘S’ berwana merah menyala ini memiliki makna ‘semangat’ dan ‘keberanian’. Sedangkan tulisan ‘Suzuki’ berwarna biru memiliki makna ketenangan dan keseimbangan.

Huruf ‘S’ dengan lekukian elang ini tak lepas dari logo Suzuki pada masa-masa sebelumnya. Di awal pendiriannya Suzuki memiliki logo Dua ekor burung elang dan tulisan Suzuki di tengahnya. Logo ini kemudian disederhanakan. Gambar elang disederhanakan ke dalam lekukan logo ‘S’ yang kita kenal saat ini.

Arti dari Logo Motor MV AGUSTA

MV Agusta didirikan oleh Domenico Agusta pada tahun 1945. Domenico Agusta mendirikan pabrik ini berbekal pengalamannya dalam industri pesawat terbang. Keluarga Agusta memiliki perusahaan pesawat terbang yang diwariskan turun temurun.

Pabrikan ini juga terbilang cukup konsisten dalam penggunaan logo. Logo pertama mereka adalah tulisan inisial MV dipadu dengan icon berbentuk gear.
sejarah logo MV Agusta berserta artinya

Logo ini memiliki arti yang cukup simple. MV berarti Meccanica Verghera yang artinya mekanik dari kota Verghera kota asal pabrikan Italia ini. Logo gear dipilih sebagai identitas bahwa perusahaan ini bergerak dibidang mekanikal.

Arti dan Makna Logo Motor Piaggio (Vespa)

Pabrikan asal Italia ini mengejutkan pasar otomotif tempo dulu dengan varian skuternya – Vespa. Sangkin terkenalnya, nama Vespa bahkan lebih dikenal dari nama Piaggio itu sendiri. Padahal Vespa sendiri merupakan produk dari Piaggio.

Cikal bakal logo Piaggio sangat sederhana. Logo pertama mereka adalah huruf ‘R’ dan ‘P’ yang merupakan inisial dari pendirinya, yakni Rinaldo Piaggio.
sejarah logo Piaggio Vespa dan artinya

Logo Piaggio yang kita kenal saat ini adalah hasil sayembara yang dilakukan oleh perusahaan. Logo berbentuk huruf P dengan tombak tajam diujungnya. Huruf ini diletakkan dalam bentuk hexagonal.

Logo Piaggio cukup unik dan sangat multi tafsir. Beberapa pendapat tentang makna dari logo Piaggio adalah sebagai berikut :
  1. Makna tombak yang berarti divisi sepeda motor akan menjadi ujung tombak Piaggio dikemudian hari.
  2. Huruf P yang berarti insial Piaggio itu sendiri
  3. Buntut Tawon yang merupakan bentuk penghargaan kepada varian Vespa yang merupakan produk Piaggio yang paling berhasil. Dalam bahasa Italia Vespa memiliki arti Tawon. Hal ini sejalan dengan bentuk motor Vespa yang menyerupai buntut Tawon. 
  4. Kotak Hexagonal (segi enam) yang merupakan bentuk dari sarang/rumah Tawon itu sendiri. 
Dari sekian banyak tafsiran mengenai makna dari logo Piaggio, kami memiliki tafsiran sendiri. Kami melihat logo Piaggio seperti bentuk lubang hidung manusia. Yang berarti nafas kehidupan. Silakan sebut bahwa tafsiran kami adalah ‘ngaco’.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Logo Sepeda Motor, Arti dan Sejarah Perubahannya"

Posting Komentar