Pembalap Honda Sebelum Era Marquez, Berikut Statistik Pencapaiannya

Kiprah Honda di ajang MotoGP tak terlepas dari nama besar para pembalap yang membela team ini. Gelar juara dunia di masing-masing kelas GP sudah pernah dicicipi oleh Honda. Selain sokongan para engineer-nya, tentu ada pembalap yang patut diapresiasi.

Saat ini nama besar Honda tak lepas dari bayang-bayang nama Marc Marquez. Si bocah Alien yang begitu klop dengan Honda RCV berlogo Repsol besar itu. Hitung saja, sudah berapa gelar yang Marc persembahkan untuk Team Honda. Sudah banyak bukan?

Bisa dikatakan saat ini adalah eranya Honda dan Marquez. Namun bila kita runut ke belakang, kiprah Honda jauh lebih besar dari itu. Tak hanya Marquez, banyak nama pembalap yang berhasil bersama Honda. Bahkan beberapa di antaran nya bisa dikatakan sebagai Legenda. Siapa saja pembalap Honda yang berjaya sebelum Marc Marquez?
Berikut data yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber mengenai pembalap repsol honda dari masa ke masa.

Legenda Pembalap Honda

Freddie Spencer (1981-1987)

Pembalap kelahiran Amerika ini memulai karir di dunia balap di usia yang cukup belia. Kiprahnya sebelum masuk ke motoGP terbilang cukup bersinar. Hal ini yang membuatnya dilirik oleh team American Honda saat itu.
Raihan terbaik dari Freddie Spencer bersama Honda yakni dua gelar juara dunia kelas 500cc dan satu gelar juara di kelas 250cc.

Uniknya, meski karirnya gemilang bersama Honda, Freddie Spencer mengawali karir GP nya bersama Yamaha, pun demikian dengan akhir karirnya. Cedera yang didera memaksanya untuk gantung helm lebih awal.

Rekor Juara Dunia Termuda

Persamaan  antara Freddie Spencer dengan Marquez adalah sama-sama berhasil di usia muda. Freddie. Di tahun 1985 ia berhasil menjadi pembalap termuda yang berhasil meraih gelar juara dunia. (Saat itu ia berumur 21 tahun 258 hari).
30 tahun kemudian, rekor itu berhasil dikalahkan oleh Marquez, dimana Marc berhasil meraih gelar juara di umur 20 tahun 266 hari. Lebih muda sedikit.

Berikut statistik raihan Freddie Spencer selama membalap di motoGP.
Freddie Spencer MotoGP Honda

Wayne Gardner (1983-1992)

Hampir pada masa yang sama dengan Freddie Spencer, Wayne Gardner juga membalap bersama Honda. Bedanya Wayne Gardner tak sekalipun berpindah team. Ia mengawali dan mengakhiri karirnya di GP bersama Honda.

Wayne Gardner mencapai masa keemasan di tahun 1987 lewat gelar juara dunia kelas 500cc. Hal ini mengantarkan dirinya sebagai orang Australia pertama yang berhasil menjadi juara dunia GP. Berikut statistik raihan Wayne Gardner bersama Honda di GP.
Wayne Gardner MotoGP Honda
Wayne Gardner tak hanya handal di ajang balap roda dua, ia bahkan sempat menjajal kejuaraan Touring Car Racing, sebuah kejuaran balap mobil yang cukup populer di Australia.

Mick Doohan (1989-1999)

Nama Mick Doohan cukup dikenal, bahkan hingga sekarang ini. Di Indonesia, nama Mick Doohan memiliki tempat tersendiri, sebab pembalap yang berhasil meraih 5 gelar juara dunia ini sempat merasakan GP yang dulu pernah digelar di Indonesia (Sirkuit Sentul, Jawa Barat, 1996/1997).

Karir Mick Doohan di MotoGP diawali di tahun 1989 bersama Honda. Dua musim pertama ia belum mampu berbicara banyak. Barulah di tahun 1991 ia mulai menampakkan bakatnya. Ia berhasil menjadi runner up.

Namun naas di musim selanjutnya ia mengalami crash parah di sirkuit Assen. Hal ini bahkan membuatnya hampir kehilangan kakinya. Namun ia berhasil sembuh dan kembali ke lintasan GP. Musim selanjutnya (tepatnya 1994), Mick Doohan 'menggila'. Lima gelar beruntun ia raih bersama Honda.

Setelah berhasil meraih gelar juara dunia 5 tahun beruntun, Mick Doohan kembali mengalami crash dan lagi-lagi merusak kakinya. Akhirnya Mick Doohan mengakhiri karir balapnya di motoGP pada tahun 1999.
Sama halnya dengan Wayne Gardner, Mick Doohan juga cukup setia membalap bersama Tim Honda.

Berikut data statistik Mick Doohan selama membalap di motoGP.
prestasi Mick Doohan

Valentino Rossi (2000-2003)

Nama besar Valentino Rossi juga tak bisa lepas dari bayang-bayang Honda. Meski kebersamaan pembalap asal Italia ini dengan Honda terbilang singkat, namun tak bisa dipungkiri ia pernah berjaya bersama Honda.

Kebersamaan yang singkat (2000-2003) itu berhasil mengantarkan Rossi menyabet 3 gelar juara dunia. Kebersamaan 4 tahun dengan raihan gelar 3 juara dunia ternyata tak cukup untuk meredam konflik internal antara Honda dan Rossi.
Konflik yang muncul membuat Rossi akhirnya hengkang dari Honda dan beralih membela Tim Yamaha di musim 2004.

Berikut raihan Rossi selama di motoGP.
statistik valentino rossi motogp

9 tahun setelah hengkangnya Valentino Rossi, penerus nama besar itu akhirnya muncul, yupsss, Marc Marquez. Kehadiran Marquez di tahun 2013 seakan membawa kembali Honda ke masa kejayaannya tempo dulu bersama nama besar para pebalapnya dulu.

Selain nama-nama di atas, ada beberapa nama pembalap yang juga sempat memberikan gelar juara dunia bagi Honda, diantaranya :

  • Eddie Lawson (1989): 1 gelar juara dunia kelas 500cc
  • Alex Criville (1992-2001): 1 gelar juara dunia 500cc
  • Casey Stoner (2006, 2011-2012) 1 gelar juara dunia MotoGP
  • Nicky Hayden (2003-2008, 2014-2016): 1 gelar dunia MotoGP
Semua nama besar di atas merupakan pembalap yang sempat membela Honda di motoGP. Kini tongkat estafet tersebut beralih ke tangan Marquez. Dan dengan potensi Marc saat ini dan ditambah lagi dengan umur Marc yang masih produktif, maka besar kemungkinan Marquez akan mampu melampaui pencapaian para rider Legenda Honda di atas. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembalap Honda Sebelum Era Marquez, Berikut Statistik Pencapaiannya"

Posting Komentar