Kawasaki W175 TR Street Scrambler, Spesifikasi dan Harga November 2019
Kawasaki W175 TR secara resmi dirilis oleh KMI pada 28 November 2019. Motor ini menambah panjang daftar varian dari W175. Praktis saat ini Kawasaki W175 dijual dalam tiga varian, yakni: W175 (standar), Caferacer dan yang terakhir Kawasaki W175 TR-Scrambler.
Daftar ISI Kawasaki W175 TR :
Contents
Kawasaki W175 TR Scrambler Hanya Sekedar Ganti Baju?
Mungkin hal ini ada benarnya, mengingat basic mesin dan frame yang digunakan masih sama dengan varian standar dan caferacer. Namun menurut KMI ada beberapa perubahan yang cukup signifikan yang membedakan Kawasaki W175 TR Scrambler ini dengan varian lainnya. Diantaranya :- Bentuk dan Ukuran Tangki Berbeda (varian standar dan caferacer kapasitas tangki 13,5 liter sedangkan Kawasaki W175 TR memiliki tangki yang lebih ramping hanya 7,5 liter)
- Handle Bar yang lebih tinggi
- Suspensi depan dan belakang lebih jangkung (menguatkan kesan scrambler)
- Putaran bawah sedikit lebih baik (13,6 Nm di RPM 6,000)
- Bentuk dan posisi knalpot yang didesain lebih mendongak
Poin-poin perbedaan di atas adalah yang paling terlihat, disamping adanya perbedaan kecil lainnya seperti bentuk spakbor depan, model ban dan adanya skid plate yang menguatkan posisi Kawasaki W175 TR sebagai scrambler.
Dijual dalam Dua Tipe dengan Harga yang Berbeda
Kawasaki W175 TR terbagi dalam Dua tipe, yakni tipe standar dan SE. Untuk kedua tipe ini hanya berbeda di bagian aksesoris tambahan, warna dan harga. Berikut pembagiannya :
Kawasaki W175 TR Standar dijual dengan harga IDR 29,900,000 OTR Jakarta. Tipe ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna yakni Putih.
tipe standar |
Sedangkan untuk Kawasaki W175 TR SE dijual dengan harga IDR 32,300,000 OTR Jakarta yang tersedia dalam tiga pilihan warna (hitam, kuning dan hijau).
Special Edition |
Positioning Kawasaki W175 TR
Dengan capaian harga di rentang 30 juta-an siapakah target pasar motor ini? Tentu saja motor street scrambler ini menyasar pasar yang segmented. Para hobbies yang memang tak lagi terlalu ribet dengan masalah harga. Aura retro dan kebanggan memiliki motor klasik sudah lebih dari cukup untuk ditukarkan dengan segepok uang 30 juta-an.
Dan lagi di segmen motor retro di kelas ini Kawasaki nyaris masih bermain sendiri. Jadi soal harga, kita belum bisa bandingkan dengan merek Jepang lain yang sekelas.
Meski menyasar kaum hobbies bukan berarti motor ini tak bisa dijadikan motor harian. Bentuknya yang ringkas dan kubikasi mesin 175cc dinilai masih oke untuk digunakan sebagai motor harian.
Mampukah Kawasaki W175 TR Dipakai Off Road?
Menyandang embel-embel Scrambler, apakah Kawasaki W175 TR ini mampu melahap medan off road? Ini bisa menjadi bahan pergunjingan mengingat mesin yang dipakai hanya mampu menghasilkan power 9,6 Kw pada RPM 7,500 dengan torsi 13,6 Nm pada RPM 6 ribu. Berkaca pada output power mesin ini tentu akan timbul keraguan.
Namun mari kita lihat sejenak positioning dari motor ini. KMI tak pernah mendaulat motor ini sebagai motor off road. Hal ini bisa kita lihat dari pembagian jenis motor di website resmi Kawasaki. Kawasaki W175 TR ditempatkan di jajaran motor Street bukan off road.
Hal lain bisa kita lihat dari nama lengkap motor ini yakni Kawasaki W175 TR Street Scrambler.
Hal lain bisa kita lihat dari nama lengkap motor ini yakni Kawasaki W175 TR Street Scrambler.
Singkatnya motor ini bukan ditujukan untuk off road murni. Habitat asli motor ini tetaplah jalan raya, namun nilai plusnya motor ini bisa dipakai untuk bersenang-senang di lintasan off road ringan-menengah.
Spesifkasi Teknis Kawasaki W175 TR
Secara teknis tidak ada perbedaan antara tipe standar dan SE dari motor ini. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa anda lihat pada tabel di bawah ini.
MESIN | |
---|---|
Tipe | 4-stroke, SOHC, 1 silinder |
Volume Silinder | 177 cc |
Valve System | SOHC, 2 valves |
Sistem Pendinginan | Air Cooled |
Bore x Stroke | 65.5 x 52.4 mm |
Power Maksimum | 9.6 kW {13 PS} @ 7,500 rpm |
Torsi Maksimum | 13.6 Nm @ 6,000 rpm |
Transmisi | 5 Percepatan manual |
Sistem Bahan Bakar | Karburator Mikuni VM24 |
Rasio Kompresi | 9,1:1 |
Sistem Pengapian | DC-CDI |
RANGKA & DIMENSI | |
P x L x T | 1,950 x 805 x 1,085 mm |
Jarak Poros Roda | 1,285 mm |
Jarak ke Tanah | 195 mm |
Berat Kosong | 121 kg |
Tangki Bensin | 7.5 litres |
Suspensi Depan | ø30 mm telescopic fork |
Suspensi Belakang | Dual shock dengan spring preload adjustability |
Rem Depan | Cakram ø220 mm, Kaliper satu piston |
Rem Belakang | Tromol |
Ban Depan | 80/100-17M/C 46P |
Ban Belakang | 100/90-17M/C 55P |
0 Response to "Kawasaki W175 TR Street Scrambler, Spesifikasi dan Harga November 2019"
Posting Komentar