2 Pilihan Warna Yamaha WR 155R, Warnanya Terlalu Monoton?

2 warna Yamaha WR155 R

Yamaha Indonesia resmi merilis trail terbaru mereka, Yamaha WR 155R. Motor dual purpose ini hadir dengan dua pilihan warna, yakni warna hitam dan biru. Dua pilihan warna ini hadir dengan striping minimalis dan terkesan kalem. Berbanding terbalik dengan kebiasaan Yamaha yang selama ini dikenal jago dalam memainkan grafis.

Saat pertama kali melihat motor ini, kami tak terlalu kaget dengan pilihan warna dan grafis yang dipilih oleh Yamaha. Bermain aman dengan menurunkan grafis dari WR series lainnya. Jika kita melihat WR series di kelas yang lebih tinggi, ya... memang beginilah pilihan warna dan grafis WR series. Tapi come on Yamaha!!! Ini kelas 150cc yang cukup rewel. Tentu banyak customer yang berharap Yamaha lebih berani memberikan sentuhan warna dan grafis buat motor ini.

Hal yang berbeda justru kita jumpai pada kompetitornya, yakni Honda CRF 150L. Honda sedikit lebih berani dengan pilihan warna dan grafis yang lebih ramai. Meski sama-sama hanya hadir dengan dua pilihan warna.
Kompetitor lainnya, Kawasaki KLX 150, adalah pemenangnya dalam hal pilihan warna dan grafis. Setidaknya KLX 150 hadir dalam 9 pilihan warna yang terbagi dalam berbagai varian.

Warna Yamaha WR 155R Terlalu Monoton?

Yamaha WR 155R Warna Biru

Yamaha WR155 R warna biru

Yamaha WR 155R Warna Hitam

Yamaha WR155 R warna hitam


Kesan kalem memang begitu kental terasa di Yamaha WR 155R. Kombinasi warna hitam dan biru yang dipadankan dengan grafis putih di bagian shroud memantapkan kesan kalem motor ini. Jauh berbeda dengan kompetitor yang tampil berani. Belum lagi jika kita bandingkan dengan warna dan grafis dari motor trail kenamaan seperti KTM dan Husqvarna.

Masalah warna memang cukup subjektif sehingga pernyataan di atas tidak bisa di terima oleh semua pihak. Namun pernyataan di atas bukan tanpa alasan. Setidaknya di kelas 150cc ini, Yamaha harus tampil sedikit lebih berani dan sedikit keluar dari pakem WR series.

Atau cara lainnya dengan menambah banyak pilihan warna dari Yamaha WR155 R tanpa mengeliminasi pilihan warna dan grafis di atas.

Harga, Fitur Unggulan dan Spesifikasi

Cukup dengan masalah warna di atas, mari kita bahas lebih lanjut soal harga dan spesifikasi. Yamaha WR155 R hadir dengan banderol harga 36,9 juta rupiah. Ini menempatkan Yamaha WR155 R sebagai motor trail termahal dibandingkan duo Jepun lainnya.

Berbicara soal fitur unggulan, setidaknya ada 6 point yang menjadi nilai jual dari Yamaha WR155 R, yakni :
fitur Yamaha WR155 R
  • Mesin 155cc dengan VVA
Yamaha WR155 R dibekali dengan mesin yang berbasis Yamaha Vixion. Mesin yang sudah terbukti durabilitasnya. Meski common engine dengan Vixion dkk, namun YIMM tetap melakukan mapping ulang, sehingga torsi maksimum bisa di raih di putaran mesin yang lebih rendah. Sesuai dengan karakter motor trail yang membutuhkan torsi besar.

  • Suspensi Depan yang Tebal dan Panjang
Meski tidak menggunakan shock up side down seperti kompetitornya, Yamaha WR 155R sudah dilengkapi dengan shock yang cukup baik. Shock besar berdiameter 41mm dengan panjang 899mm. Dimensi yang cukup besar ini menambah kesan jangkung dan kokoh.

  • Suspensi Belakang Adjustable
Untuk menambah kenyamanan berkendara di medan off road, motor ini sudah dilengkapi dengan shock belakang bertipe monocross yang bisa diatur tingkat kekerasannya. YIMM menamakannya sebagai Linked-Type Monocross with gas-oil adjustable pre load.

  • Lingkar Alumunium 
Lingkar yang kokoh namun ringan menjadi nilai plus. Tipe lingkar seperti ini mengingatkan kami pada sepeda gunung dan motor trail mahal seperti Husqvarna.

  • Semi Double Cradle Frame
Frame jenis ini mungkin tak se-advanve merek sebelah. Namun Yamaha mengklaim sudah melakukan riset mendalam soal ketahanan dan fleksibilitas jenis frame ini pada motor dual purpose.

  • Tangki Besar
Volume tangki hingga 8,1 liter menjadikan Yamaha WR155 ini sebagai trail 150cc dengan tangki terbesar. Bandingkan dengan Honda CRF 150 yang hanya memiliki tangki 7,2 liter, dan  KLX 150 yang  cuma 6,9 liter saja.

Untuk Spesifikasi lengkap dari Yamaha WR155 R bisa anda lihat pada tabel spesifikasi di bawah ini

Baca Juga : Motor Trail yang Cocok Untuk Badan Pendek
                  Gazgas Hummer, Motor Trail Rakitan Indonesia
                  Motor Trail Murah Pabrikan Non Jepang



TABEL SPESIFIKASI YAMAHA WR155 R
MESIN (ENGINE)
Tipe MesinLiquid cooled 4-Strokes, SOHC
Bore x Stroke58,0 x 58,7 mm
Rasio Kompresi11,6 : 1
Volume Silinder155,09 cc
Daya Maksimum12,3 KW/10.000 rpm
Torsi Maksimum14,3 Nm/ 6500 rpm
Sistem StarterElectric
PelumasanBasah
Kapasistas Oli MesinTotal:1,1L; Berkala:0,85L; Ganti filter oli:0,95L
Sistem PengabutanFuel Injection
Tipe KoplingWet Type Multi-plate
TranmisiManual ; 1-N-2-3-4-5-6
DIMENSI
Dimensi2145mm x 840mm x 1200mm
Jarak Sumbu Roda1430mm
Ground Clearance245mm
Tinggi tempat duduk888mm
Berat (Curb Weight)134 kg
Volume Tangki8,1 L
RANGKA (FRAME)
Tipe RangkaSemi Double Cradle
Suspensi DepanTelescopic 41mm
Suspensi BelakangMonoshock
Ban Depan2,75-21 45P
Ban Belakang4,10-18 59P
Rem Depan240mm Wave disc
Rem Belakang220mm Wave disc

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Pilihan Warna Yamaha WR 155R, Warnanya Terlalu Monoton?"

Posting Komentar